'/> Cara Masak Rendang Daging Yang Lezat Dan Nikmat - Santapan Senja

Cara Masak Rendang Daging Yang Lezat Dan Nikmat


Malay Spicy Rendang Beef (Rendang Daging) Aroma Asian
Malay Spicy Rendang Beef (Rendang Daging) Aroma Asian from aromasian.com

Pengenalan

Rendang merupakan masakan tradisional Melayu yang kaya akan rempah-rempah. Masakan ini biasanya dimasak dengan menggunakan daging sapi atau ayam serta santan kelapa. Rendang daging adalah salah satu masakan yang paling populer di Indonesia dan Malaysia. Meskipun masakannya cukup sulit dan memakan waktu lama, namun hasilnya sangat lezat dan nikmat.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang daging:

- 1 kg daging sapi (pilih bagian yang berlemak)
- 1 liter santan kelapa
- 5 buah cabai merah
- 10 buah cabai rawit
- 10 butir bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 5 lembar daun jeruk
- 3 batang serai
- 3 cm lengkuas
- 3 cm jahe
- 3 cm kunyit
- 2 batang kayu manis
- 3 buah cengkeh
- 3 buah kapulaga
- 2 sendok makan gula merah
- 1 sendok teh garam
- Minyak goreng secukupnya

Langkah-langkah

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat rendang daging yang lezat dan nikmat:

1. Persiapan

- Potong-potong daging sapi menjadi ukuran sedang. - Haluskan cabe merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, jahe, dan kunyit dengan menggunakan blender atau ulekan. - Iris-iris serai dan daun jeruk.

2. Penggorengan

- Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. - Masukkan daging sapi ke dalam wajan dan aduk-aduk hingga daging berubah warna. - Masukkan serai, daun jeruk, kayu manis, cengkeh, dan kapulaga ke dalam wajan. - Tuangkan santan kelapa dan aduk-aduk hingga merata.

3. Memasak

- Masak rendang dengan api sedang hingga santan mengental dan berminyak. - Tambahkan gula merah dan garam ke dalam rendang dan aduk-aduk hingga rata. - Masak rendang dengan api kecil hingga airnya habis dan bumbu meresap ke dalam daging.

4. Penyajian

- Rendang daging siap disajikan dengan nasi putih.

Nilai Gizi

Berikut adalah nilai gizi rendang daging per porsi (100 gram): - Kalori: 300 kalori - Protein: 20 gram - Lemak: 20 gram - Karbohidrat: 10 gram

Kesimpulan

Rendang daging adalah salah satu masakan tradisional Melayu yang sangat terkenal di Indonesia dan Malaysia. Meskipun memakan waktu lama dan cukup sulit untuk dimasak, hasilnya sangat lezat dan nikmat. Dengan mengikuti resep di atas, Anda dapat memasak rendang daging yang lezat dan nikmat di rumah.

Link copied to clipboard.