'/> Resepi Berasaskan Daging - Santapan Senja

Resepi Berasaskan Daging


Kompilasi Resipi Berasaskan Daging Sempena Raya Haji
Kompilasi Resipi Berasaskan Daging Sempena Raya Haji from www.rasa.my

Kenikmatan Masakan Berasaskan Daging

Daging memang menjadi bahan makanan yang cukup digemari oleh banyak orang. Apalagi jika daging tersebut diolah menjadi hidangan yang lezat dan menggoda selera. Nah, dalam artikel kali ini, saya akan berbagi resep masakan berbahan dasar daging yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

1. Daging Masak Hitam

Daging masak hitam merupakan hidangan khas Malaysia yang cukup populer di kalangan masyarakat. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat daging masak hitam ini antara lain: - 500 gram daging sapi - 5 siung bawang putih - 3 cm jahe - 5 buah cili kering - 2 sudu besar sos tiram - 2 sudu besar sos cili - 1 sudu besar gula merah - Garam secukupnya - Minyak untuk menumis Cara membuatnya: 1. Pertama-tama, cuci bersih daging sapi dan potong-potong sesuai selera. 2. Haluskan bawang putih, jahe, dan cili kering menggunakan blender atau ulekan. 3. Panaskan minyak di atas wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. 4. Masukkan daging sapi dan aduk rata. 5. Tambahkan sos tiram, sos cili, gula merah, dan garam. Aduk rata. 6. Tuang air secukupnya dan masak hingga daging empuk. 7. Angkat dan hidangkan bersama nasi putih hangat.

Nutrisi Daging Masak Hitam:

- Kalori: 356 kalori - Protein: 29 gram - Lemak: 25 gram - Karbohidrat: 4 gram

2. Rendang Daging

Rendang daging merupakan hidangan yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia dan Malaysia. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang daging: - 500 gram daging sapi - 5 siung bawang putih - 3 cm jahe - 5 buah cili kering - 2 lembar daun kunyit - 2 lembar daun pandan - 1 batang serai, memarkan - 2 buah kelapa parut - 2 sudu besar kerisik - Air secukupnya - Garam secukupnya - Minyak untuk menumis Cara membuatnya: 1. Cuci bersih daging sapi dan potong-potong sesuai selera. 2. Haluskan bawang putih, jahe, dan cili kering menggunakan blender atau ulekan. 3. Panaskan minyak di atas wajan dan tumis bumbu halus hingga harum. 4. Masukkan daging sapi, serai, daun kunyit, dan daun pandan. Aduk rata. 5. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga daging empuk. 6. Masukkan kelapa parut dan kerisik. Aduk rata. 7. Tambahkan garam secukupnya dan masak hingga bumbu meresap dan kuah mengering. 8. Angkat dan hidangkan bersama nasi putih hangat.

Nutrisi Rendang Daging:

- Kalori: 450 kalori - Protein: 26 gram - Lemak: 36 gram - Karbohidrat: 7 gram

3. Daging Goreng Tepung

Daging goreng tepung bisa menjadi alternatif hidangan berbahan dasar daging yang cocok disajikan sebagai camilan atau lauk. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan: - 500 gram daging sapi - 2 butir telur - 1/2 cangkir tepung terigu - 1/2 cangkir tepung maizena - 1/2 cangkir tepung roti - 1/2 sendok teh baking powder - 1/2 sendok teh garam - 1/2 sendok teh merica bubuk - Minyak untuk menggoreng Cara membuatnya: 1. Cuci bersih daging sapi dan potong-potong sesuai selera. 2. Kocok lepas telur dan sisihkan. 3. Campurkan tepung terigu, tepung maizena, tepung roti, baking powder, garam, dan merica bubuk. Aduk rata. 4. Celupkan potongan daging ke dalam telur, lalu gulingkan ke dalam campuran tepung. 5. Goreng daging dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang hingga matang dan berwarna kecoklatan. 6. Angkat dan tiriskan. 7. Hidangkan bersama saus sambal atau saus tomat.

Nutrisi Daging Goreng Tepung:

- Kalori: 300 kalori - Protein: 25 gram - Lemak: 15 gram - Karbohidrat: 15 gram

Kesimpulan

Itulah tiga resep masakan berbahan dasar daging yang bisa kamu coba di rumah. Selain lezat, hidangan-hidangan tersebut juga kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan lupa untuk mengonsumsinya dengan secukupnya ya! Semoga bermanfaat.

Link copied to clipboard.