'/> Cara Memasak Daging Rusa - Santapan Senja

Cara Memasak Daging Rusa


Resipi Daging Rusa Masak Lada Hitam oleh Baini Haroon Cookpad
Resipi Daging Rusa Masak Lada Hitam oleh Baini Haroon Cookpad from cookpad.com

Mengenal Daging Rusa

Daging rusa adalah daging dari hewan rusa yang biasa hidup di hutan. Daging rusa memiliki rasa yang enak dan kaya nutrisi. Daging rusa merupakan sumber protein yang baik dan rendah lemak. Selain itu, daging rusa juga kaya akan zat besi, seng, dan vitamin B12. Di Malaysia, daging rusa biasanya diolah menjadi masakan rendang atau gulai.

Bahan-bahan yang Diperlukan

- 500 gram daging rusa, dipotong kotak-kotak - 2 buah bawang merah, iris tipis - 3 siung bawang putih, iris tipis - 2 cm jahe, iris tipis - 2 batang serai, memarkan - 3 lembar daun salam - 3 lembar daun jeruk - 5 buah cabai merah, iris serong - 1 sendok teh ketumbar bubuk - 1 sendok teh jinten bubuk - 1 sendok teh garam - ½ sendok teh merica bubuk - 500 ml santan kental - 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Memasak Daging Rusa

1. Pertama-tama, bersihkan daging rusa dengan air mengalir dan potong-potong sesuai selera. 2. Siapkan bahan-bahan lain seperti bawang merah, bawang putih, jahe, cabai, serai, daun salam, dan daun jeruk. Iris tipis semua bahan tersebut. 3. Panaskan minyak dalam wajan. Tumis bawang merah, bawang putih, dan jahe hingga harum. 4. Masukkan daging rusa ke dalam wajan dan aduk hingga daging berubah warna. 5. Tambahkan ketumbar bubuk, jinten bubuk, garam, dan merica bubuk. Aduk rata. 6. Tuangkan santan kental ke dalam wajan, aduk rata. 7. Tambahkan serai, daun salam, dan daun jeruk ke dalam wajan. Aduk rata. 8. Masukkan cabai merah ke dalam wajan. Aduk rata. 9. Tutup wajan dan biarkan masakan mendidih hingga daging empuk dan bumbu meresap. 10. Setelah daging empuk, matikan api dan sajikan daging rusa dengan nasi putih.

Nutrisi Daging Rusa

Daging rusa mengandung nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan manusia. Di antaranya adalah protein, zat besi, seng, dan vitamin B12. Satu porsi daging rusa seberat 100 gram mengandung 25 gram protein, 2.5 mg zat besi, 3.5 mg seng, dan 1.2 mcg vitamin B12. Selain itu, daging rusa juga rendah kalori dan lemak sehingga cocok untuk diet rendah kalori dan rendah lemak.

Kesimpulan

Daging rusa adalah salah satu jenis daging yang kaya nutrisi dan enak rasanya. Dalam memasak daging rusa, ada beberapa bahan dan cara yang perlu diperhatikan agar hasil masakan menjadi enak dan berkualitas. Selain itu, daging rusa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, cobalah untuk memasak daging rusa di rumah dan nikmati kelezatannya bersama keluarga.

Link copied to clipboard.