'/> Cara Membuat Daging Salai Bakar Yang Nikmat - Santapan Senja

Cara Membuat Daging Salai Bakar Yang Nikmat


Resipi Masak Lemak Cili Api Daging Salai/Bakar oleh Julia ALeen Aireish
Resipi Masak Lemak Cili Api Daging Salai/Bakar oleh Julia ALeen Aireish from cookpad.com

Pengenalan

Daging salai bakar adalah salah satu hidangan yang populer di Malaysia. Hidangan ini terbuat dari daging sapi atau ayam yang diasap dengan kayu untuk memberikan rasa yang lezat. Daging salai bakar biasanya dimakan dengan nasi panas dan sambal pedas.

Bahan-bahan

Untuk membuat daging salai bakar, Anda memerlukan bahan-bahan berikut: - 500 gram daging sapi atau ayam - 2 sendok makan kecap manis - 1 sendok makan saus tiram - 1 sendok makan minyak wijen - 1 sendok teh garam - 1 sendok teh merica bubuk - 2 sendok makan gula merah - 2 sendok makan santan kental - 2 lembar daun salam - 2 batang serai, memarkan - 3 siung bawang putih, cincang halus - 3 buah cabai merah, iris tipis

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat daging salai bakar: 1. Bersihkan daging sapi atau ayam dari lemak dan kulit yang tidak perlu. 2. Potong daging menjadi potongan kecil sesuai selera. 3. Campurkan kecap manis, saus tiram, minyak wijen, garam, merica bubuk, gula merah, dan santan kental dalam wadah. 4. Aduk rata bumbu tersebut. 5. Masukkan potongan daging ke dalam wadah bumbu dan aduk rata. 6. Diamkan selama setidaknya 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging. 7. Siapkan panggangan dan panaskan hingga suhu 200 derajat Celsius. 8. Taruh daun salam dan serai di atas panggangan. 9. Letakkan potongan daging di atas daun salam dan serai. 10. Panggang daging selama 15-20 menit hingga matang. 11. Balik daging setiap 5 menit agar matang merata. 12. Saat daging sudah matang, keluarkan dari panggangan dan letakkan di atas piring saji. 13. Panaskan minyak dalam wajan. 14. Tumis bawang putih dan cabai merah hingga harum. 15. Siramkan bawang putih dan cabai merah di atas daging salai bakar. 16. Daging salai bakar siap disajikan.

Informasi Gizi

Daging salai bakar mengandung protein tinggi dan lemak yang sehat. Satu porsi daging salai bakar (250 gram) mengandung sekitar 300 kalori, 20 gram protein, dan 10 gram lemak. Hidangan ini juga mengandung zat besi dan vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kesimpulan

Daging salai bakar adalah hidangan yang lezat dan gurih. Anda dapat membuat hidangan ini di rumah dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasar tradisional atau supermarket. Nikmati daging salai bakar dengan nasi panas dan sambal pedas untuk pengalaman makan yang lebih nikmat.

Link copied to clipboard.